Sarana dan Prasarana

Teguh Santoso, S.Pd.,MM.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana dan Prasarana mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam hal berikut:

a) Membantu kelancaran tugas-tugas Kepala Sekolah dalam pegelolaan sarana Prasarana (Infrastruktur).
b) Menyediakan sarana dan prasarana.
c) Memelihara (merawat dan memperbaiki) sarana dan prasarana.
d) Mengembangkan dan melaksanakan metode perbaikan sarana dan prasarana.
e) Mengevaluasi kesesuaian antara kebutuhan dan pemenuhan sarana dan prasarana.
f) Menetapkan sarana dan prasarana yang diperlukan.
g) Bertanggung Jawab terhadap kebutuhan, pengembangan dan kedisiplinan guru.
h) Menyusun program yang terkait dengan kebutuhan, pengembangan dan kedisiplinan guru.
i) Melakukan analisis data rekapitulasi kehadiran guru .
j) Memantau keterlaksanaan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.
k) Mengusulkan personil yang mengikuti penataran/pelatihan.
l) Menetapkan pengusulan angka kredit guru ke jenjang berikutnya.
m)Mengalihkan tugas operasional kegiatan belajar mengajar bagi tenaga edukatif.
n) Memberikan teguran kepada tenaga pengajar yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dengan mengkoordinasikan atasan langsung.
o) Mengkoordinasikan pelatihan bagi personil yang memerlukan.
p) Membuat pendataan tentang kompetensi, pendidikan, pelatihan, pengalanman dan ketrampilan.
q) Mengevaluasi dampak pelatihan dan memantau pelaksanaan KBM.
r) Mengusulkan dan mengkordinasikan reward dan punishment kepada Kepala Sekolah.


1) Staff Bagian Pengembangan SDM
Membantu Waka Sarta dalam menjalankan tugasnya dalam bidang ketenagaan,yaitu :
a. Mengkoordinir semua tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan.
b. Memfasilitasi bapak/ibu guru yang akan mengikuti pelatihan untuk peningkatan
kompetensi
c. Mendata kebutuhan tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan bersama waka kurikulum
dan Ka.TU
d. Membantu semua kegiatan administrasi waka sarta


2) Staff Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Sarpras
Membantu Waka Sarta dalam menjalankan tugasnya dalam bidang sarana prasarana,yaitu :
a) Merekap data tiap kelas tentang kerusakan alat / sarana belajar
b) Merekap data fasilitas Gedung dan lingkungan sekolah yang memerlukan perbaikan.
c) Menentukan tata ruang yang bagus untuk terciptanya lingkungan sekolah yang sehat dan indah.
d) Bersama dengan bagian pengadaan dan pemeriksa barang,Membuat berita acara serah terima barang dan mengawasi penggunaanya.


3) Staff Bidang Inventarisasi Barang
a. Mengkoordinir pelaksanaan inventariasi sarana prasarana sekolah
b. Mengkoordinir laporan-laporan sistem inventarisasi sekolah


4) Staff Pengadaan Barang
a. Mengkoordinir pelaksanaan pengadaan bahan praktek dan perlengkapan sekolah
b. Mencari penyedia yang sesuai dengan persyaratan untuk pengadaan barang
c. Mengkoordinir kebutuhan peralatan dan perlengkapan sekolah dari masing-masing
kompetensi keahlian dan mengkoordinasikannya dengan waka sarta
d. Membantu bendahara dalam penyususnan laporan pengadaan barang


5) Staff Pemeriksa Barang
a. Mengawasi dan mengontrol operasional barang yang masuk dan keluar
b. Melakukan pengecekan barang yang diterima
c. Memastikan ketersediaan barang
d. Melaporkan jika ketersediaan barang tidak sesuai dengan penggunaan barang


6) Ka. Gudang
a. Membuat perencanaan dan distribusi barang gudang
b. Memantau pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di sekolah
c. Menyusun laporan secara berkala terkait inventaris barang di sekolah


7) Staff Ka. Gudang
a. Membantu Ka. Gudang dalam mendistribusikan barang di gudang
b. Menginput data barang masuk dan keluar pada sistem inventori sekolah


8) Maintenance Komputer dan LCD
a. Menyusun program pemeliharaan, perawatan komputer dan LCD di lab
b. Mengkoordinir pelaksanaan pemeliharaan, perawatan komputer dan LCD di lab
c. Menyusun laporan secara berkala terkait pemeliharaan, perawatan komputer dan LCD di lab


9) Maintenance Komputer selain Lab
a. Menyusun program pemeliharaan, perawatan komputer dan LCD di ruang kelas, waka,
aula, TU,Smekar Bank, BKK,Guru,dan ruang lainnya selain di lab
b. Mengkoordinir pelaksanaan pemeliharaan, perawatan komputer dan LCD di ruang kelas,
waka, aula, dan ruang lainnya selain di lab
c. Menyusun laporan secara berkala terkait pemeliharaan, perawatan komputer dan LCD di
ruang kelas, waka, aula, dan ruang lainnya selain di lab


10) Maintenance Software dan Jaringan
a. Menyusun program pemeliharaan, perawatan software dan jaringan di sekolah
b. Mengkoordinir pelaksanaan pemeliharaan, perawatan software dan jaringan di sekolah
c. Menyusun laporan secara berkala terkait pemeliharaan, perawatan software dan jaringan di
sekolah

11) Maintenance Listrik dan CCTV
a. Menyusun program pemeliharaan, perawatan listrik dan CCTV
b. Mengkoordinir penyusunan kebutuhan sarana prasarana listrik dan CCTV
c. Mengkoordinir pelaksanaan pengadaan listrik dan CCTV
d. Mengkoordinir pemeliharaan, perbaikan, pengembangan listrik dan CCTV
e. Menyusun laporan secara berkala terkait pemeliharaan, perawatan listrik dan CCTV


12) Maintenance Bangunan
a. Menyusun program pemeliharaan dan perawatan bangunan sekolah
b. Mengkoordinir penyusunan kebutuhan untuk bangunan sekolah
c. Mengkoordinir pemeliharaan, perbaikan, pengembangan bangunan sekolah
d. Mengkoordinir evaluasi pembangunan sekolah
e. Menyusun laporan secara berkala terkait pemeliharaan, perbaikan, pengembangan bangunan sekolah


13) Pokja K3LH
a. Membuat program kegiatan untuk K3LH
b. Mengkoordinir semua kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan
c. Memantau pelaksanaan kegiatan K3LH
d. Mengkoordinir evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan K3LH
e. Menyusun laporan secara berkala terkait pelaksanaan kegiatan K3LH
f. Menentukan batas-batas wilayah per kelas untuk kegiatan kebersihan lingkungan
g. Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang bersih dan asri
h. Memantau kebersihan WC guru maupun siswa dan lingkungan sekolah
i. Menginventarisasi kebutuhan untuk keperluan K3LH dan mengkoordinasikannya dengan waka sarta


14) Ketua Laboratorium
a. Mengkoordinir seluruh kegiatan di lab
b. Melakukan perencanaan dan pengembangan lab
c. Menginput data barang keluar pada sistem inventori sekolah (masing-masing jurusan)
d. Memantau pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di lab
e. Menyusun laporan secara berkala terkait inventaris barang yang ada di lab masing-masing jurusan


15)Bidang Operator Dapodik
a. Melakukan pemantauan aplikasi dapodik
b. Melakukan pemeliharaan aplikasi dapodik (install dan uninstall)
c. Melakukan entri/update data di dapodik
d. Melakukan sinkronisasi data sekolah ke dalam aplikasi dapodik
e. Melakukan semua kegiatan lainnya yang berkaitan dengan aplikasi dapodik


16)Tim Pengelola Website
a. Merencanakan, merancang, dan mengontrol pengelolaan website dan publikasi informasi sekolah
b. Mengkoordinir keseluruhan tugas penyusunan dan pengelolaan website
c. Melakukan pemeliharaan dan pengembangan website sekolah
d. Memposting informasi terupdate yang ada di sekolah secara berkala
e. Mengevaluasi daftar kunjungan user di website sekolah


17) Koordinator PKG
a. Menyusun rencana kerja program PKG
b. Mengkoordinir pelaksanaan PKG di sekolah
c. Memantau pelaksanaan PKG di sekolah
d. Merekapitulasi hasil PKG
e. Menyusun laporan pelaksanaan PKG
f. Melakukan evaluasi tahunan pelaksanaan PKG di sekolah
g. Bersama dengan kepala sekolah menetapkan tim penilai kinerja guru

18) Koordinator PKB
a. Menyusun rencana kerja program PKB
b. Mengkoordinir pelaksanaan PKB di sekolah
c. Memantau pelaksanaan PKB di sekolah
d. Memetakan kebutuhan PKB bagi semua guru
e. Menyusun laporan pelaksanaan PKB
f. Melakukan evaluasi tahunan pelaksanaan PKB di sekolah